Rabu, 14 Desember 2016

Suku Batak

Batak adalah suku yang terdapat di Sumatra Utara, mereka memiliki budaya yang sangat kuat dan mempunyai persatuan yang kokoh. Dimana orang batak berada di seluruh Indonesia dia akan membentuk persatuan dan rasa solidaritas mereka yang sangat tinggi. Mereka seperti itu karena dari para leluhur dan nenek moyang mereka mengajarkan seperti itu dari dulu hingga sekarang. Orang batak juga mempunyai harga diri yang sangat tinggi mereka tidak akan pernah mau mengemis untuk meminta atau menginginkan sesuatu.
            Dalam artikel yang saya buat ini akan saya uraikan mengenai beberapa kearifan yang ada di budaya lokal orang batak, terutama batak yang ada di masyrakat batak toba, karena masyrakat batak asli adalah batak yang berasal dari daerah danau toba di pulau samosir.
  • Yang pertama saya akan menjelaskan tentang kearifan batak toba. Suku batak toba menyusun system kekerabatan tidak hanya berdasarkan hubungan darah saja, namun juga berdasar pada kasih sayang terhadap sesame makhluk hidup dan lingkungan yang mereka tempatin dari dulu sampai sekarang adat ini masi di budidayakan agar sampai sekarang untuk terus menyambung tali silahturami sesama masyrakat. Makna dari kekerabatan ini untuk memperkuat persatuan di dalam lingkungan suku batak agar bisa saling bantu membantu  untuk membangun diri agar lebih maju dalam hal per ekonomian maupun tradisi dan untuk mengharumkan nama kampung mereka. Kearifan batak toba ini sudah sangat lama di budidayakan oleh para leluhur mereka sampai saat ini orang batak sangat solid dalam pertemanan dimana pun dia berada pasti mereka saling bantu membantu

  • Yang kedua saya akan menjelaskan tentang tradisi di dalam suku batak yang kearifan nya masi  tersosialisasi sampai saat ini contoh nya yaitu : 
Budaya Hagabon artinya ungkapan yang berarti banyak keturunan dan panjang umur. Ungkapan tradisional batak ini di kenal dan di ucapkan pada pengantin dengan harapan mereka banyak di karunia anak ritual ini di lakukan sebelum seorang pasangan mengucapkan janji di depan penghulu atau pendeta ritual ini di lakukan dengan memtong satu hewan kerbau atau babi. Tapi sayang nya tradisi ini sudah mulai hilang tidak sebanyak zaman dulu pada saat zaman purba atau zaman nenek moyang mereka. Selain itu ada lagi tradisi untuk menegakan hukum adat di kampung atau daerah toba itu nama nya adalah Patik Dohot Ukum sampai sekarang masi di sosialisasikan oleh orang batak dalam menegakan kebenaran yang berlaku dalam adat batak itu sendiri, terutama hokum yang mengatur hak asasi manusia di daerah sana masi menggunakan patik dohot ukum dan patik dohot ukum selalu di tanam kan oleh keturunan keturunan masyrakat batak oleh karena itu banyak masyrakat batak yang menjadi pengacara sukses.
Selain tradisi budaya hagabon ada juga tradisi Sari matua yaitu seseorang yang meninggal dunia apakah suami atau istri yang sudah bercucu baik dari anak laki-laki atau pun perempuan, tetapi masih ada di antara anak anak- anak nya yang belum kawin. Dari defenisi berikut, seseorng tidak bias di alihkan status nya dari sari martua k saur martua (orang yang sudah meninggal). Dalam contoh praktek nya, ketika hasahuton “marpangidon (bermohon) kepada dongan sahuta, tulang, hula dan semua yang hadir pada acara ria raja atau pangarapotan, agar yang meninggal sari matua itu di tolopi atau di setujui menjadi saur matua. Jadi kepada anak masyrakat di suku batak yang belum menikah tetapi dari segi usia sudah sepantas nya menikah apa lagi anak di suku batak yang sudah bekerja  mereka lah yang membelanjai orang tua kami yang tengah berbaring dirumah duka atau yang sudah meninggal untuk acara adat pelepasan dari sari matua mnjadi saur martua dan anak suku batak yang membiyai itu semua berharp dengan acara adat ini mereka secepat nya menemukan jodoh yang dalam bahasa batak nya asa najonok. Tapi pengertia sari martua di zamansekarang sudah di plesetkan di zaman dulu pengertia adat sari martua adaah orang tua yang meninggal sebelum selesai tugas nya menikahi anak anak mereka. Makna dari saur martua sendiri di kalangan suku batak toba agar anak yang belum menikah tetap sudah di tinggal dunia oleh kedu orang tua nya segera menikan untuk mempunya keturunan dari orang tua mereka tersebut agar bias menurunkan nama marga di belakang nama mereka.
  • Yang ketiga saya akan membahas tentang tarian tor tor yang termasuk kearifan seni suku batak :
Sejarah tarian tortor adalah tarian yang jenis nya termasuk tarian purba yang berasal dari mandailing, berasal di pulau sumtra utara yang meliputi tapanuli utara, Humbang hasundutan, toba samosir, dan pulau samosir.Tarian ini juga termasuk kearifan yang ada di masyrakat batak toba karena peninggalan dari para leluhur di jaman dulu dan mempunyai makna yang sangat kental dalam kehidupan masyrakat.Kata “tor-tor” berasal dari suara entekan kaki penari di atas papan rumah adat batak dan penari bergerak dengan iringan gondang yang berirama mengentak.Tarian tortor adalah tarian seremonial yang di sajikan dengan musik gondang.Secara fisik tarian tortor termasuk tarian yang unik karena menggerakan tangan keatas kebawah namun dari gerakan-gerakan nya tarian tortor menunjukan tarian tortor tersebut adalah media komunikasi di zaman dulu untuk menyampaikan pesan pesan kepada masyrakat dalam upacara upacara adat di daerah batak toba, dimana melalui gerakan yang disajikan terjadi interaksi antara partisipasi setiap pengikut upacara.Tarian tortor juga di iramai dengan music gondang ibarat sebuah pasangan yang tak dapat di pisahkan alat music gondang berasal dari kabupaten mandailing Natal sejak ratusan tahun silam, sebelum agama masuk ke mandailing.

Pada zaman dulu musik gondang hanya di pertunjukan kepada kalangan istana, setelah kemerdekaan baru lah music gondang di padukan dengan tarian tortor dan di pertunjukan ke masyrakat, musik gondang Sembilan dimainkan oleh Sembilan orang. Alat musik yang di mainkan terdiri atas Sembilan gondang, seruling, tiga eneng eneng dua gong sepasang sasayang, dan sebuah mong-mongan.Tujuan tarian tor-tor itu sendiri untuk upacara kematian, panen di lading, dan penyembuhan. Makna tarian ini adalah untuk membantu masyrakat dalam membantu dengan hal yang sedikit magic karena tarian asli tor tor yang di toba sana menurut ahli sejarah ada acara ritusl yang berhubngsn dengan roh. Dan sekarang tarian tor tor sudah terkenal di asia dan menjadi tarian tradisional suku batak di tanah karo pulau Sumatra Utara.






Daftar Pustaka
·         Kompas Medan Dalihan Natolu1993 , Nilai Budaya Suku Batak 17-04-2013 21:30

·         NARA SUMBER OM THOMAS SIMAJUNTAK ( TETANGGA RUMAH )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar