Lingkungan
Tempat Belajar
Lingkungan
merupakan segala situasi yang ada disekitar kita. Situasi ini dapat
mempengaruhi proses belajar siswa. Jika lingkungan ditata dengan baik,
lingkungan dapat menjadi sarana yang bernilai positif dalam membangun dan
mempertahankan sifat positif. Lingkungan terdiri darilingkungan luar dan
lingkungan dalam. Lingkungan luar diartikan sebagai gabungan faktor-faktor
geografi dan sosial ekonomi yang mempengaruhi hubungan sekolah dengan
masyarakatnya. Sedangkan lingkungan dalam adalah bahan pokok bangunan dan
ketersediaan peralatan untuk menunaikan tugas pengajaran dan belajar. Lingkungan
itu sebenarnya mencakup segala material dan stimulus di dalam dan di luar
individu, baik yang bersifat fisiologis, psikologis maupun sosio-kultural.
Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa lingkungan tempat belajar adalah segala
situasi yang ada di sekitar siswa saat proses pembelajaran. Jadi lingkungan
fisik tempat belajar adalah segala sesuatu dalam bentuk fisik yang ada di
sekitar siswa saat proses pembelajaran. Lingkungan yang ditata dengan baik akan
menciptakan kesan positif dalam diri siswa, sehingga siswa menjadi lebih senang
untuk belajar dan lebih nyaman dalam belajar.
Pengelolaan
Proses Pembelajaran
Mengajar
merupakan suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan
sebaik-baiknya dan menghubungkannya dengan anak sehingga terjadi proses belajar
mengajar. Tugas dan tanggung jawab seorang guru adalah mengelola proses belajar
mengajar yang selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas belajar. Peran guru
dalam pembelajaran yang dapat membangkitkan aktivitas siswa setidak-tidaknya
menjalankan tugas utama, berikut ini:
a. Merencanaan
pembelajaran, yang terinci dalam empat sub kemampuan yaitu perumusan tujuan
pembelajaran, penetapan materi pembelajaran, penetapan kegiatan belajar
mengajar, penetapan metode dan media pembelajaran, penetapan alat evaluasi
b. Pelaksanaan
pengajaran yang termasuk di dalamnya adalah penilaian pencapaian tujuan
pembelajaran.
c. Mengevaluasi
pembelajaran dimana evaluasi ini merupakan salah satu komponen pengukur derajat
keberhasilan pencapaian tujuan, dan keefektifan proses pembelajaran yang
dilaksanakan
d. Fungsi
untuk membantu siswa memelihara minat dan antusias siswa dalam melaksanakan
tugas belajar. Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan
pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Pembelajaran
merupakan bantuan yang diberikan pendidik agar terjadi proses pemerolehan ilmu
dan pengetahuan, serta pemberian sikap dan kepercayaan kepada peserta didik.
Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah proses untuk membanttu peserta
didik dapat berjalan dengan baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar