Metode
Pembelajaran
Metode
pembelajaran merupakan cara melakukan atau menyajikan, menguraikan, dan memberi
latihan isi pelajaran kepada siswa untuk mencapai tujuan tertentu. Metode
pembelajaran yang ditetapkan guru memungkinkan siswa untuk belajar proses,
bukan hanya belajar produk. Belajar produk pada umumnya hanya menekankan pada
segi kognitif. Sedangkan belajar proses dapat memungkinkan tercapainya tujuan
belajar baik segi kognitif, afektif, maupun psikomotor. Oleh karena itu, metode
pembelajaran pembelajaran diarahkan untuk mencapai sasaran tersebut, yaitu
lebih banyak menekankan pembelajaran melalui proses. Dalam hal ini guru
dituntut agar mampu memahami kedudukan metode sebagai salah satu komponen yang
ikut ambil bagian bagi keberhasilan kegiatan belajar mengajar. Untuk melaksanakan
proses pembelajaran perlu dipikirkan metode pembelajaran yang tepat. Ketepatan
penggunaan metode pembelajaran tergantung pada kesesuaian metode pembelajaran
materi pembelajaran, kemampuan guru, kondisi siswa, sumber atau fasilitas,
situasi dan kondisi dan waktu.
Berdasarkan
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa ketepatan penggunaan metode pembelajaran
oleh guru memunkinkan siswa untuk mencapai tujuan belajar baik dari segi
kognitif, afektif, maupun psikomotor. Agar metode pembelajaran yang digunakan
oleh guru tepat, guru harus memperhatikan beberapa faktor, yaitu tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran, kemampuan guru, kondisi siswa, sumber dan
fasilitas, situasi kondisi dan waktu. Penggunaan metode pembelajarandengan
memperhatikan beberapa faktor di atas diharapkan proses pembelajaran dapat
berlangsung dengan baik.
Media
Pembelajaran
Pembelajaran
merupakan kegiatan yang melibatkan siswa dan guru dengan menggunakan berbagai
sumber belajar baik dalam situasi kelas maupun di luar kelas. Dalam arti media
yang digunakan untuk pembelajaran tidak terlalu identik dengan situasi kelas
dalam pola pengajaran konvensional namunproses belajar tanpa kehadiran guru dan
lebih mengandalkan media termasuk dalam kegiatan pembelajaran. Klasifikasikan
penggunaan media berdasarkan tempat penggunaannya, yaitu:
1)
Penggunaan media di kelas
Pada
teknik ini media dimanfaatkan untuk menunjang tercapainya tujuan tertentu dan
penggunaannya dipadukan dengan proses belajar mengajar dalam situasi kelas.
Dalam merencanakan pemanfaatan media tersebut guru harus melihat tujuan yang
akan dicapai, materi pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan tersebut,
serta strategi belajar mengajar yang sesuai untuk mencapai tujuan tersebut.
2)
Penggunaan media di luar kelas
Media
tidak secara langsung dikendalikan oleh guru, namun digunakan oleh siswa
sendiri tanpa instruksi guru atau melalui pengontrolan oleh orang tua siswa.
Penggunaan media di luar kelas dapat dibedakan menjadi dua kelompok utama,
yaitu penggunaan media tidak terprogram dan penggunaan media secara terprogram.
a)
Penggunaan media tidak terprogram
Penggunaan
media dapat terjadi di masyarakat luas. Hal ini ada kaitannya dengan keberadaan
media massa yang ada di masyarakat. Penggunaan media ini bersifat bebas yaitu
bahwa media itu digunakan tanpa dikontrol atau diawasi dan tidak terprogram
sesuai tuntutan kurikulum yang digunakan oleh guru atau sekolah.
b)
Penggunaan media secara terprogram
Media
digunakan dalam suatu rangkaian yang diatur secara sistematik untuk mencapai tujuan
tertentu disesuaikan dengan tuntutan kurikulum yang sedang berlaku. Peserta
didik sebagai sasaran diorganisasikan dengan baik sehingga mereka dapat
menggunakan media itu secara teratur, berkesinambungan dan mengikuti pola
belajar mengajar tertentu.
Dari
beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran merupakan
peralatan yang membawa pesan-pesan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Jenis-jenis media pembelajaran sangat beragam dan mempunyai kelebihan dan
kelemahan masing-masing, maka diharapkan guru dapat memilih media pembelajaran
sesuai dengan kebutuhan agar proses pembelajaran dapat berlangsung secara
efektif. Selain dalam memilih media pembelajaran, guru juga harus dapat
memperlihatkan penggunaan media pembelajaran. Media pembelajaran yang tidak
digunakan secara maksimal juga akan mempengaruhi hasil belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar