Pengertian
Filsafat Pendidikan
Filsafat pendidikan adalah suatu aktivitas yang teratur yang menjadikan filsafat
itu sebagai jalan mengatur, menyelaraskan dan memadukan proses pendidikan. Filsafat Pendidikan dapat diartikan juga upaya mengembangkan potensi-potensi
manusiawi peserta didik baik potensi fisik potensi cipta, rasa, maupun
karsanya, agar potensi itu menjadi nyata dan dapat berfungsi dalam perjalanan hidupnya.
Dasar pendidikan adalah cita-cita kemanusiaan universal. Pendidikan bertujuan
menyiapkan pribadi dalam keseimbangan, kesatuan. organis, harmonis, dinamis.
guna mencapai tujuan hidup kemanusiaan. Filsafat pendidikan adalah filsafat
yang digunakan dalam studi mengenai masalah-masalah pendidikan.
Filsafat pendidikan adalah suatu sistem yang mengatur dan menentukan teori dan
praktek pelaksanaan pendidikan yang berdiri di atas landasan dan dijiwai oleh
filsafat hidup bangsa "Pancasila" yang diabdikan demi kepentingan
bangsa dan negara Indonesia dalam usaha merealisasikan cita-cita bangsa dan
negara Indonesia.
Perbedaan Ideologi Pendidikan dengan Filsafat
Pendidikan
1.
Ideologi Pendidikan adalah kumpulan gagasan-gagasan,
keyakinan-keyakinan, kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis
yang berorientasi pada pendidikan.
2.
Filsafat pendidikan adalah aktivitas yang teratur yang
menjadikan filsafat itu sebagai jalan mengatur, menyelaraskan dan memajukan
sistem pendidikan.
Perbedaan filsafat pendidikan dengan teori
pendidikan
· Filsafat,
dalam arti analisa filsafat adalah merupakan salah satu cara
Pendekatan yang digunakan oleh para ahli pendidikan dalam memecahkan
problematika pendidikan dan menyusun teori- teori pendidikannya, disamping
menggunakan metode- metode ilmiah lainnya.
Sementara itu dengan filsafat, sebagi pandangan tertentu terhadap sesuatu
obyek, misalnya filsafat idelisme, realisme, materialisme dan sebaginya, akan
mewarnai pula pandangan ahli pendidikan tersebut dalam teori- teori pendidikan
yang dikembangkannya. Aliran filsafat tertentu terhadap teori- teori pendidikan
yang di kembangkan atas dasar aliran filsafat tersebut. Dengan kata lain, teori-
teori dan pandangan- pandangan filsafat pendidikan yang dikembangkan oleh
fillosof, tentu berdasarkan dan bercorak serta diwarnai oleh pandangan dan
airan filsafat yang dianutnya.
· Filsafat, termasuk juga filsafat pendidikan, juga
mempunyai fungsi untuk memberikan petunjuk dan arah dalam pengembangan
teori-teori pendidikan menjadi ilmu pendidikan atau paedagogik. Suatu
praktek kependidikan yang didasarkan dan diarahkan oleh suatu filsafat
pendidikan tertentu, akan menghasilkan dan menimbulkan bentuk-bentuk dan
gejala-gejalan kependidikan yang tertentu pula. Dengan kata lain filsafat
pendidikan adalah petunjuk, sedangkan teori pendidikan adalah sesuatu yang melaksanakan
petunjuk.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar