Rabu, 19 Oktober 2016

Pengertian FIlsafat Secara Etimologi

Pada dunia pendidikan terdapat yang dinamakan dengan ilmu filsafat pendidikan. Ilmu ini sangat penting bagi dunia pendidikan bahkan tidak hanya dalam dunia pendidikan, dalam segala aspek ilmu filsafat sangat penting. Pasti kebanyakan orang dan saya sendiri berpendapat bahwa filsafat itu ilmu yang sangat rumit, ilmu yang bisa membuat orang melenceng dan sebagainya. Tapi jangan salah, kita hidup dan melakukan aktivitas juga sudah termasuk berfilsafat. Banyak sekali pengertian filsafat mulai dari istilah, etimologi, terminology. Dan pada halaman ini saya akan memaparkan mengenai pengertian filsafat secara etimologi.
Istilah filsafat berasal dari bahasa Yunani: ”philosophia”. Seiring perkembangan jaman akhirnya dikenal juga dalam berbagai bahasa, seperti : ”philosophic” dalam kebudayaan bangsa Jerman, Belanda, dan Perancis; “philosophy” dalam bahasa Inggris; “philosophia” dalam bahasa Latin; dan “falsafah” dalam bahasa Arab.Para filsuf memberi batasan yang berbeda-beda mengenai filsafat, namun batasan yang berbeda itu tidak mendasar. Selanjutnya batasan filsafat dapat ditinjau dari dua segi yaitu secara etimologi dan secara terminologi.
Secara Etimologi, istilah filsafat berasal dari bahasa Arab, yaitu falsafah atau juga dari bahasa Yunani yaitu philosophia – philien : cinta dan sophia : kebijaksanaan. Jadi bisa dipahami bahwa filsafat berarti cinta kebijaksanaan. Dan seorang filsuf adalah pencari kebijaksanaan, pecinta kebijaksanaan dalam arti hakikat.
Dari beberapa pendapat diatas, dosen mata kuliah saya juga ikut mengemukakan arti dari filsafat. Menurutnya filsafat itu bisa dikatakan dengan “ilmu kepo”. Kenapa dikatakan ilmu kepo? Kepo yang seperti apa? Kepo disini merupakan singkatan dari “Knowing Everything Particular Object” Kepo menurutnya adalah kepo yang elegant bukan kepo yang kita katakana ketika teman bertanya. Kenapa dikatakan kepo? Karena memang pada dasarnya filsafat itu ilmu yang mencari tahu tentang apapun, entah itu hal yang nyata maupun tidak. Banyak sekali pengertian filsafat dari berbagai tokoh ahli, istilah dan secara etimologi maupun terminologi.
Mungkin itu saja tulisan yang bisa saya paparkan maafkan atas segala kekurangan, karena kekurangan berasal dari saya sendiri.

Referensi :
Betrand Russel.2002. Sejarah Filsafat Barat dan Kaitannya dengan kondisi sosio-politik dari zaman kuno hingga sekarang (alih Bahasa Sigit jatmiko, dkk ) . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Ismaun.2007. Filsafat Administrasi Pendidikan(Serahan Perkuliahan ). Bandung : UPI
Ismaun.2007. Kapita Selekta Filsafat Administrasi Pendidikan (Serahan Perkuliahan). Bandung : UPI
Koento Wibisono.1997. Dasar-Dasar Filsafat. Jakarta : Universitas Terbuka
Moersaleh. 1987. Filsafat Administrasi. Jakarta : Univesitas Terbuka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar