Sabtu, 29 Oktober 2016

Apa yang Segogyanya Saya Lakukan ? (What Should I Do?)

Manusia dapat melakukan segala sesuatu mulai berjalan, berlari, menari dll. Akan tetapi segala sesuatu yang manusia lakukan akan berdampak positif dan negative. Contoh apabila berdampak positif misalnya bila mengerjakan segala sesuatu yang dapat memberikan pengaruh baik kepada orang lain. Dan apabila berdampak negative misalnya bila manusia mengerjakan segala sesuatu yang dapat merugikan orang lain. Segala perbuatan manusia itu harus didasari dengan ilmu pengetahuan.
Pengetahuan sendiri merupakan segala sesuatu yang diketahui yang diperoleh dari persentuhan panca indera terhadap objek tertentu. Pengetahuan pada dasarnya merupakan hasil dari proses melihat, mendengar, merasakan, dan berfikir yang menjadi dasar manusia dan bersikap dan bertindak. Pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentu saja berasal dari berbagai sumber. Berikut adalah sumber pengetahuan:
1.     Kepercayaan yang didasarkan dari tradisi
2.     Kebiasaan-kebiasaan dan agama
3.     Pancaindra/pengalaman
4.     Akal pikiran
5.     Intuisi individual
Dalam menjalani hidup ini, kita harus memiliki pengetahuan agar kehidupan kita dapat berjalan dengan baik. Kenapa? Agar segala perbuatan manusia itu bisa berdampak positif. Oleh karena itu, penting sekali bagi manusia untuk memiliki pengetahuan. Jadi, untuk menjawab pertanyaan Immanuel Kant “Apa yang harus saya lakukan?” jawabannya yaitu manusia harus mencari dan memiliki pengetahuan untuk keberlangsungan hidupnya agar dapat berjalan dengan baik

Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar