Sabtu, 29 Oktober 2016

Apa yang Dapat Saya Harapkan? (What May I Hope?)


Pada halama ini saya akan membahas mengenai persoalan filsafat menururt Imanuel Kant ( 1724 – 1804 ). Ia berpendapat bahwa Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan.
Pertama yang kita akan analisis adalah mengenai “Apakah yang saya harapkan?”. Pastinya semua makhluk hidup terutama manusia memiliki banyak sekali harapan atau Tujuan. Apa sih tujuan hidup anda sebagai manusia? Apakah menjadi manusia yang dapat berguna bagi semua orang? Menjadi manusia yang taat kepada-Nya? Lalu bagaimanakah menjadi manusia yang berguna itu? Berguna yang seperti apa yang anda maksud?
Pasti dengan pertanyaan seperti itu akan membuat kita bertanya-tanya lagi, mencari tahu kebenaran. Ya itulah tujuan dalam berfilsafat, yaitu mencari tahu segala hal, baik dalam hal yang sangat besar dan penting maupun dalam hal sekecil yang memang tanpa kita sadari hal itu sangat berpengaruh dan penting.
Lalu apakah sebenarnya tujuan hidup manusia itu? Dari analisis yang telah saya lakukan bersama dosen ketika mata kuliah Filsafat Pendidikan, dosen saya berkata bahwa tujuan hidup manusia itu hanya “Menjadi Manusia yang Benar”. Menurut saya sendiri jawaban itu memang tepat karena bila manusia sudah menjadi benar pasti tujuan hidupnya pun akan terarah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar